Tips Buat Pencari Gaji Tinggi

TIPS BUAT PENCARI GAJI TINGGI

Besarnya gaji yang kita dapat dari pekerjaan kita merupakan salah satu pertimbangan utama untuk memilih pekerjaan. Namun ada beberapa saran agar pencari kerja bisa menemukan profesi yang benar-benar tepat.

  1. Jika kita adalah sarjana yang baru lulus kuliah (fresh graduate), jangan jual mahal. Lulusan perguruan tinggi manapun posisi tawarnya masih rendah. Jika menulis besar gaji yang diharapkan, jangan terlalu tinggi. Sesuaikan dengan standar perusahaan yang dilamar.

    Euro :D
    Euro 😀
  2. Saat baru pertama bekerja, jangan melihat besarnya perusahaan dan gaji yang ditawarkan. Sebaiknya bukalah kesempaytan selebar-lebarnya untuk mencari pengalaman. Setelah berpengalaman, kita bisa pindah ke perusahaan lain atau level perusahaan dengan standar gaji yang lebih tinggi.
  3. Bekali diri dengan dengan sikap dan perilaku yang baik, misalnya memiliki integritas, bisa bekerja dalam tim, tahan terhadap tekanan, dan sejenisnya. Semua perusahaan dengan standar gaji tinggi pasti punya standar tinggi dalam hal ini.
  4. Ini merupakan saran oldish, tapi masih relevan. Bekali diri dengan kemampuan berbahasa inggris yang baik, written and oral. Hampir semua pekerjaan dengan gaji tinggi menuntut pekerja untuk sering berkomunikasi dalam bahasa internasional.
  5. Saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, pelajari terlebih dahulu segala hal seperti visi dan misi perusahaan, budaya perusahaan, sistem pengembangan karir. Satu hal yang penting, walaupun pelamar bukan yang terbaik dalam psikotes, ia bisa saja menjadi kandidat yang dipilih jika ia menguasai hal-hal di atas.
  6. Ketika melamar kerja, pahami betul deskripsi pekerjaan tersebut. Beberapa pekerjaan yang sangat mirip bisa saja memiliki tugas yang sangat berbeda
  7. Jika mau pindah kerja, pahami etikanya. Pindah kerja jelas tidak dilarang, tapi terlalu sering pindah malah membuat seseorang tidak diminati. Batas yang dianjurkan, sebaiknya pindah kerja setelah tiga tahun.
  8. Apap pun latar belakang pendidikan kita, kita berkesempatan menempati posisi-posisi dengan gaji tinggi.Memang beberapa jenis pekerjaan membutuhkan keahlian spesifik, misalnya geologi, accounting, teknik informasi, keuangan, hukum, dan sebagainya. Namun, fakta di dunia kerja banyak menunjukkan bahwa sarjana pertanian menjadi manajer pemasaran atau penjualan, sarjana teknik menjadi manajer keuangan, arsitek menjadi presiden direktur, dan banyak lagi.
  9. Terakhir, jangan memaksakan diri meraih profesi tanpa kompetensi. Ukur kemampuan diri sendiri . Jangan semata-mata melihat pekerjaan gaji yang ditawarkan, tapi lihatlah profesi itu secara menyeluruh sebagai sebuah paket yang bisa membuat kita berkarya dalam kinerja terbaik.

    USD :D
    USD 😀

Disadur dari “intisari”

So, menurut saya bekerja itu bukan soal berapa gaji yang akan masuk ke bank account anda, tetapi apa yang dapat anda berikan kepada perusahaan. Kemudian lingkungan tempat bekerja, kenyamanan, teman-teman dan tantangan yang akan membuat anda lebih baik lagi. Syukuri pekerjaan anda sekarang dan jangan pernah mengeluh. Last but not least, entrepreneur is the best. Someday I have to be Carlos Slim or Bill Gates! 😀

Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: