Short Trip to Langkawi, Kedah, Malaysia

Hi e-readers, how are you doing?

Dalam tulisan kali ini saya mau berbagi pengalaman jalan-jalan ke Langkawi, Malaysia. Berhubung saya pada waktu itu “jobless” dan punya banyak waktu luang, saya memutuskan untuk liburan. Yah walaupun hanya liburan singkat saja. So, I have a few options, which are Kepulauan Seribu, Belitung, atau ke negeri tetangga. and I decided to go to the last options. Ada beberapa pertimbangan, diantaranya ada temen, hehehe. Saya mengajak kakak dan adik saya. Yapp, kami bertiga akan menjelajah Langkawi, woohoooo!

Sebenarnya jalan-jalan ini belum ada itinerary yang jelas karena saya sendiri tidak yakin akan mengunjungi Langkawi dalam waktu dekat. Tetapi ternyata ada kesempatan dan hanya ada persiapan yang minimal. Beli tiket pesawatnya aja H-1, kebayang kan mau kemana aja ke sana, dan cost yang akan dihabiskan, apalagi biaya paling besar itu untuk transportasi.

Kita berangkat dari Pekanbaru (PKU) ke Kuala Lumpur (KUL) menggunakan maskapai Air Asia flight number AK432. Sedikit ngeri karena minggu sebelumnya ada kecelakaan maskapai dan jenis pesawat yang sama di Perairan Selat Karimata dekat Kalimantan Barat, Air Asia rute Surabaya-Singapura flight number QZ8501. Tapi, hidup dan mati itu misteri Ilahi, yang penting bismillah dan tetap berpikiran positif. Agak takut juga karena ternyata captain pilot yang bertugas adalah perempuan. Whoops, maaf saya tidak bermaksud dengan meremehkan kemampuan perempuan terhadap profesi yang didominasi oleh laki-laki ya. No offend 🙂

Alhamdulillah sampai dengan selamat di Kuala Lumpur International Airport 2 dan penerbangan ini paling cepat berdasarkan pengalaman saya. Hanya 30 menit! yeah, pilotnya bilang di runway tidak ada traffic dan ATC memberikan kita izin untuk landed.

Malam harinya kita langsung berangkat ke Kuala Perlis menggunakan bus. Perjalanan memakan waktu 6 jam, kita berangkat pukul 12.00 dan busnya cukup nyaman, ada 3 row dan saya lupa ada berapa baris ke belakang, tapi yang pasti cukup nyaman. Ongkosnya sekitar 50 MYR sekali jalan.

Sesampainya di Kuala Perlis kita menyeberang ke Langkawi. Jadi dari bus stop bisa jalan kaki ke pelabuhan sekitar 5 menit. Penyeberangan sekitar 40-50 menit menuju Jetty point, Langkawi. Dari Jetty point, kita foto-foto di Dataran Lang, hanya berjalan kaki sekitar 10 menit dari Jetty point. Lumayan ada foto bahwa telah menjejakkan kaki di salah satu landmark-nya Pulau Langkawi yeay!

Ferry penyeberangan dari Kuala Perlis ke Langkawi
Ferry penyeberangan dari Kuala Perlis ke Langkawi
Dataran Lang!
Dataran Lang!

Kemudian kita ke Hotel yang sudah di-booked, letakkan barang, makan siang, dan siap-siap dijemput oleh tour, kita mengikuti Hopping Island tour. Ada 3 pulau yang dikunjungi, yaitu Pulau Payar, dan dua pulau lagi saya lupa namanya 😀

Pantai di Pulau Payar
Pantai di Pulau Payar

Menurut pendapat saya, pantainya mirip dengan pantai Sikuai atau Pagang di Sumatera Barat, even better! Tapi harus saya akui kalau di Langkawi lebih rapi dan teratur, benar-benar untuk tempat tujuan wisata. Dan satu hal yang saya sangat senang (hehehe) banyak buleeeee, terutama dari Eastern Europe.

to be continued…

regards from Kepualauan Riau ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: