Instrumen Investasi yang paling mudah dilakukan.

Hi. readers! Apa kabar?

Berikut penulis sampaikan instrumen investasi yang paling mudah dilakukan, check this out!

1. Emas Batangan

Membeli emas batangan sebagai instrumen investasi adalah suatu hal yang paling mudah. Bentuknya sangat mudah dibawa dan disimpan, namun kita harus hati-hati dalam menjaganya. Emas batangan merupakan salah satu investasi yang paling liquid.

Keuntungan berinvestasi emas batangan:

  1. Aman, emas memiliki sertifikat, kalau di Indonesia dikeluarkan oleh ANTAM
  2. Menguntungkan, emas tahan inflasi, setiap tahun kecenderungan harganya selalu naik
  3. Mudah dicairkan
  4. Risiko rendah
  5. Tidak memerlukan dana besar
  6. Mudah dipindahkan
  7. Kepemilikan dan pengelolaan sendir

2. Deposito

Deposito adalah produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang paling sederhana yang banyak dipilih oleh masyarakat luas. Selain imbal baliknya diatas inflasi rata-rata, dana dalam deposito juga dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu sehingga risiko dalam berinvestasi di deposito cukup rendah.

3. Reksadana

Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi (Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 pasal 1, ayat 27). Jenis-jenis reksadana berdasarkan portofolionya:

  1. Reksadana pasar uang. Jenis reksadana yang paling memberikan resiko keuntungan rendah namun juga dengan kemungkinan return yang terbatas. Sekurangnya 80% dari reksadana pasar uang dikelola pada efek pasar uang yakni efek hutang dengan jangka kurang dari satu tahun (SBI dan deposito).
  2. Reksadana pendapatan tetap. Reksadana yang melakukan investasi minimal 80% dari dana yang dikelola kedalam bursa efek yang bersifat hutang. Keuntungan yang bisa didapatkan lebih tinggi dari reksadana pasar uang dengan potensi kerugian yang lebih tinggi juga. Namun, tetap tidak lebih tinggi keuntungannya dari reksadana campuran dan saham.
  3. Reksadana campuran. Reksadana yang potensi kerugiannya dibawah reksadana saham. Pada reksadana campuran  dilakukan investasi dalam dua efek bursa sekaligus, efek hutang dan efek ekuitas, dimana perbandingan keduanya tidak termasuk reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham.
  4. Reksadana saham. Produk ini menginvestasikan minimal 80% dari dana yang dikelolanya kedalam bentuk saham (efek bersifat ekuitas). Keuntungan dihasilkan dari potensi efek  saham yang memberikan hasil lebih tinggi yang berupa capital gain karena adanya pertumbuhan deviden dan harga saham. Jenis reksadana ini di klaim dapat memberikan keuntungan paling besar namun juga dibarengi resiko yang tinggi juga.

Admin sendiri membuka account reksadana di bareksa. Kalian dapat cek di link ini.

4. Saham

5. Properti

6. Pendidikan

 

*untuk investasi nomor 4 sampai dengan 6 akan dijelaskan dalam posting selanjutnya yaa.

2 thoughts on “Instrumen Investasi yang paling mudah dilakukan.

    1. Ada mal, saham yang sesuai syariah ada, surat utang negara syariah seperti sukuk juga bisa, atau yang dianjurkan jual beli tanah, kebun atau property. In sha Allah sesuai syariah dan mudah-mudahan bisa menjadi Abdurahman bin Auf masa kini 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: