Analisa fundamental vs analisa teknikal

Hello all, selamat datang kembali ke blog ini. Baiklah, melanjutkan post sebelumnya, saya akan menjelaskan tentang analisa yang kita lakukan sebelum membeli suatu saham. Ada 2 jenis analisa, yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal. Secara garis besar, analisa fundamental merupakan senjata yang disukai oleh value investor, sedangkan analisa teknikal lebih disukai oleh trader maupun scalper. Namun, bagi seorang value investor analisa teknikal juga berguna untuk menentukan waktu yang tepat untuk masuk ke suatu saham.

1. Analisa Fundamental

Fundamental artinya mendasar atau hal pokok, maksudnya adalah sesuatu yang berkaitan dengan kinerja bisnis perusahaan. Ada dua cara untuk melakukan analisa fundamental, pertama adalah top down, kedua adalah bottom up.

Firstly, untuk top down analysis yang pertama kita lihat adalah makro ekonomi, sektor industri, dan perusahaan. Sedangkan bottom up adalah kebalikannya. Asumsi makro ekonomi yang digunakan adalah Gross Domestic Product, inflasi, angka pengangguran, suku bunga acuan atau BI rate, neraca perdagangan dan anggaran pendapatan belanja negara. Hal ini dilakukan untuk melihat prospek perekonomian kedepan.

Secondly, kita menganalisis sektor perusahaan berada, misalnya di sektor finance, tambang, perdagangan, perkebunan, property, basic industry, aneka industri, consumer goods, dan infrastructure.

Thirdly, kita cek kesehatan perusahaan. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan analisa dari laporan keuangan perusahaan yang diterbitkan quarterly. Laporan Keuangan tersebut dapat kita download melalui website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id)

2. Analisa Teknikal

Technical analysis (TA) merupakan salah satu metode analisa suatu saham atau produk keuangan dengan mengolah data historis harga dan volume transaksi. Hasil pengolahan data tersebut divisualisasikan dalam bentuk chart dan gambar untuk memprediksi trend dimasa mendatang.

TA dapat digunakan untuk menentukan posisi entry suatu saham dan posisi jual atau target price maupun stop loss apabila harganya tidak sesuai dengan analisa. Untuk menggunakan TA, trader harus memiliki trading plan, yaitu kapan masuk, kapan harus mengambil profit, maupun stop loss agar dapat melakukan money management dengan baik. Jika tidak memiliki stop loss, bisa saj trader akan “nyangkut” untuk periode yang cukup lama.

Titik support dan resistance adalah titik harga dimana apabila suatu saham turun maka diharapkan rebound pada titik support, sedangkan titik resistance ialah harga dimana suatu saham akan tertahan dan memiliki kecenderungan untuk turun. Titik support biasanya digunakan untuk entry dalam suatu saham, kalau titik resistance digunakan untuk profit taking. Penulis sendiri menggunakan analisa ini untuk trading di futures market 🤭😁

Ada beberapa cara yang umumnya digunakan untuk menentukan titik support maupun resistance, yaitu fibonacci retracement, moving average. Cara fibonacci yaitu menentukan harga tertinggi dan terendah suatu saham pada periode tertentu, kemudian ditatik garis yang akan menentukan titik support dan resistance-nya. Moving average (MA) ditentukan dengan rata-rata pergerakan harga saham pada periode tertentu. Ada beberapa moving average yang lzim digunakan untuk trader jangka pendek, yaitu MA5, MA10, dan MA20. Berikut contoh moving average saham PTBA

MA5 dapat diartikan pergerakan rata-rata harga saham pada jangka waktu 5 hari. Begitu juga dengan MA10 maupun MA20. Namun untuk jangk pendek tidak dapat digunakan dasar bahwa saham tersebut sedang dalam trend bearish atau bulish. Untuk itu kita dapat menggunakan rentang waktu yang lebih panjang seperti MA120 dan MA200.

Indikator umum yang sering digunakan dalam technical analysis yaitu volume, dana asing, net foreign inflow or outflow, foreign strength, consensus, Relative Strength Index (RSI), Stochastic Oscillator, moving average convergence divergence (MACD). Semua hal ini akan kita bahas pada post berikutnya yaa, terima kasih! 📈

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: