Ikut webinar “Bisa Bicara”

Hi readers, apa kabar semuanya? masih PSBB kah? Pemasukan Sedikit Belanjaan Banyak hahah… Baiklah, yang terpenting kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, ikuti anjuran protokol pandemi dan berdoa semoga semuanya segera berakhir, aamiin.

Okay, dalam tulisan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yang didapat dari mengikuti webinar yang diadakan oleh Serikat Pekerja di tempat saya bekerja. Lumayaaan, dapat ilmu gratis. Bahasannya adalah bagaimana kita bisa berbicara di depan umum dengan cara menarik dan penguasaan materi yang baik. Adapun narasumbernya adalah mba Lala Tangkudung dari Talkinc.

Well, dalam berbicara di depan umum, ada 3 (tiga) hal yang harus direncanakan, pertama adalah opening, kemudian content, setelah itu closing. Untuk opening ada formulanya, yaitu GISI (Greetings, Introduction, Storytelling, dan Interaction). Sebagai pembicara, tentu kita ingin mendapatkan attention dari pendengar atau audiens. Kesan pertama agar kita dapat diterima yaitu hangat dan dapat dipercaya. Cara kita berkomunikasi dapat diterima dengan komposisi 10% words, 20% voice, 70% visual. Untuk visual sendiri total look hanya mengambil 10% saja, sementara sisanya adalah satu-satunya bahasa yang tidak pernah bohong, bahasa tubuh.

Storytelling sangat penting untuk masuk ke dalam materi yang kita sampaikan. Tujuannya adalah agar audiens tertarik dan penasaran dengan cerita yang akan disampaikan. Content harus bersifat clean, clear, dan concise. Adapun urutan untuk materi harus terdapat What So Now secara berurutan. Define, explore, dan decide.

Untuk closing rumusnya adalah SuRePunch, Summary, Recap, dan Punchline. Kita dapat menjelaskan ringkasa secara singkat content yang disampaikan, kemudian pengulangan pada poin-poin yang sayang penting, dan berikan sedikit punchline.
Tips dalam presentasi:

a) Total Vocal

Jeda sekitar 3-5 detik, atrikulasi, penekanan intonasi, senyum, dan semangat.

b) Body language

Eye contact, menunjukkan atensi dan active listening. Facial expression, kendalikan ekspresi dan senyum. Hand gesture, mengekspresikan ide dan penekanan visual. Posture, menunjukkan atensi dan menghargai orang lain.

Demikian tulisan kali ini, semoga kita bisa berbicara di depan orang banyak dan mampu mengutarakan ide, usulan, kritikan dengan baik dan bijak.

Auf Wiedersehen!

Jakarta, 26 Juni 2020

Ps: you can book your airbnb via this link, thank you!

https://www.airbnb.com/c/binsarl5?referral_share_id=0f91fdaa-a2d0-43cb-945a-2748a991f1b5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: